Minggu, 02 Agustus 2015

Jalur Gunung Slamet masih ditutup

Gunung Slamet (ANTARA FOTO/Irwansyah Putra)

Purbalingga (02 Agustus 2015) - Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olahraga (Dinbudparpora) Kabupaten Purbalingga hingga saat ini masih menutup jalur pendakian Gunung Slamet di Pos Bambangan karena gunung tertinggi di Jawa Tengah itu masih berstatus "Waspada".

"Kami akui banyak wisatawan atau pendaki yang ingin mendaki ke puncak Gunung Slamet dan mereka pun telah mendatangi Pos Pendakian Bambangan di Desa Kutabawa, Kecamatan Karangreja," kata Kepala Bidang Pariwisata Dinbudparpora Purbalingga Prayitno di Purbalingga, Selasa.

Kendati demikian, dia mengatakan pihaknya tetap tidak melayani penjualan tiket pendakian dan melarang mereka mendaki Gunung Slamet yang masih berstatus "Waspada".

Menurut dia, pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Pos Pengamatan Gunung Api Slamet di Desa Gambuhan, Kecamatan Pulosari, Kabupaten Pemalang, maupun Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) di Bandung, Jawa Barat.

"Status Gunung Slamet memang sudah diturunkan dari Siaga menjadi Waspada namun masih berbahaya untuk pendakian karena radius bahayanya masih mencapai 2 kilometer dari puncak. Oleh karena itu, kami tetap menutup jalur pendakian melalui Pos Bambangan," jelasnya.

Meskipun jalur pendakian Pos Bambangan masih ditutup, dia mengatakan bahwa empat pendaki dilaporkan nekat mendaki Gunung Slamet melalui jalur pendakian di Kabupaten Tegal beberapa waktu lalu.

Menurut dia, keempat pendaki tersebut selanjutnya turun melalui Pos Bambangan di Purbalingga.

"Kami berupaya mematuhi rekomendasi PVMBG dengan tetap menutup jalur pendakian hingga kondisi Gunung Slamet benar-benar aman meskipun hal itu berdampak pada penurunan pendapatan sektor pariwisata Purbalingga khususnya dari Gunung Slamet," katanya.

Ia mengharapkan aktivitas Gunung Slamet kembali normal atau diturunkan dari "Waspada" menjadi "Aktif Normal" sehingga aman untuk pendakian dan bisa memberikan pemasukan bagi sektor pariwisata Purbalingga.

Gunung Slamet yang meliputi Kabupaten Banyumas, Purbalingga, Pemalang, Tegal, dan Brebes, kembali mengalami peningkatan aktivitas setelah lima tahun "tertidur" sehingga Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) meningkatkan status gunung tertinggi di Jateng itu menjadi "Waspada" pada tanggal 10 Maret 2014.

Setelah menunjukkan penurunan aktivitas cukup lama, PVMBG pada 5 Januari 2015 menurunkan status Gunung Slamet dari "Siaga" menjadi "Waspada" namun pendakian tetap dilarang karena radius bahayanya masih mencapai 2 kilometer dari puncak.
Editor: Desy Saputra
Sumber : ANTARA

About the Author

Wasim Ahmad

Blogger

I am the founder of this blog if you like my tuts , follow me

Comments
0 Comments

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Featured Coupons

Popular Posts

Contact Us

Nama

Email *

Pesan *

Followers

Banner

Banner

About Us

Lorem ipsum dolor sit amet, vel vidit reque iisque at, te altera theophrastus qui. Mei et dicant vocibus dignissim.

Random Posts

Banner

Banner

Blogroll

Most Trending

Contact us